contoh makalah pramuka



Daftar isi
Halaman 1.....sampul depan
Halaman 2.....sampul dalam
Halaman 3..... daftar isi
Halaman4.....kata pengantar
Halaman 5A.latar belakang
B.identifikasi masalah
C.pembahasan masalah
D.perumusan maalah
E.kegunaan penelitian

Halaman 6
F.tujuan penulisan
G.metode penulisan
H.hipotesis
I.waktu dan tempat penelitian
J.kesimpulan
K.saran
Halaman 7.....penutup & penyusun








KATA PENGANTAR

assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
. alhamdulillahirabbilalamin. Segala puji bagi Allah yang telah menolong kami menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan NYA mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni nabi muhammad SAW.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang kegiatan pramuka, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.

Makalah ini memuat tentang “pramuka” yang sangat penting bagi anggota. Walaupun makalah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembacanya.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
14februari2013
     

Penyusun


kartini x







PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah

       Pramuka merupakan hal positif yang sangat baik untuk di lakukan.karena dalam kegiata pramuka terbentuk kepribadian. Di dalam kegiatan Pramuka kita di ajarkan melakukanhal baik. Pramuka membentuk karakter siswa yang menjadikan hidup disiplin.
Kalau kita mempelajari sejarah pendidikan kepramukaan kita tidak dapat lepas dari riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
            Hal ini disebabkan pengalaman beliaulah yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan.     
 Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout.

ISI
B. Identifikasi Masalah
Melihat semua hal yang melatarbelakangi Kegiatan pramuka, kami menarik beberapa masalah dengan berdasarkan kepada :
  1. Kurangya kesadaran akan pentingnya pramuka.
  2. Banyaknya tugas sekolah.
  3. Senior yang terlalu menggembleng

C. Pembatasan Masalah
Karena cangkupan pramuka yang begitu luas dan anggota pramuka yang begitu banyak jadi kegiatan ini kurang di perhatikan dan kurang menarik untuk di laksanakan.

D. Perumusan Masalah
Atas dasar penentuan latar belakang dan identiikasi masalah diatas, maka kami dapat mengambil perumusan masalah sebagai berikut:
”kegiatan pramuka kuarang menarik untuk di ikuti”

E.Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian ini adalah sebagai informasi bagi anggota pramuka untuk emberikan motivasi untuk mengikuti kegiatan pramuka.




F. Tujuan Penulisan
Penelitian ini dilakukan untuk dapat memenuhi tujuan-tujuan yang dapat bermanfaat bagi para anggota pramuka untuk mengetahui pentingnya kegiatan pramuka. Secara terperinci tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Mengetahui sampai sejauh mana kesadaran pentingnya pramuka.
2. Mengetahui sampai sejauh mana kegiatan ini di laksanakan dengan ikhlas.

G. Metode Penulisan
Untuk mendapatkan data dan informasi yang di perlukan, penulis mempergunakan metode observasi atau teknik pengamatan langsung  dan tanpa teknik studi kepustakaan atau studi pustaka.

H. Hipotesis
Penelitian ini dilakukan berangkat dari keyakinan penulis setelah cukup melakukan pengenalan secara meluas terhadap masalah yang diangkat. Adapun keyakinan atau hipotesis tersebut adalah “Kurangya pemahaman tentang pramuka” Hal ini, menjadi salah satu faktor yang paling dominan untuk dapat dikatakan sebagai “penyebab” malasanya untuk berangkat pramuka

I. Waktu dan Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di sekolah dalam jangka waktu satu minggu. Dimulai dari pengumpulan data hingga penulisan hasil akhir penelitian.
J.Kesimpulan
Anggota pramuka tidak mau berngkat pramuka karena kurang paham akan pentingnya pramuka,terlalu banyak tugas sekolah,kegiatan pramuka SMA N 1 KROYA kurang meng asyikan dan senior yang terlalu menggembleng junior.
K. saran
*      untuk anggota pramuka mengerrtilah pramuka ini penting bagi kehidupan kita ribadi agar dapat bersosialisasi dengan anggota lain dan dapat membentuk karakter siswa
*      untuk yang mengerjakan tugas sekolah sebaiknya dapat membagi waktu
*      untuk senior buatlah kegiatan pramuka ini menjadi hal yang menyenangkan dan agar dapat di ikuti oleh seluruh anggota,penggemblengan boleh di laksanakan karena dari situ terbentuk karakter,namun kegiatan itu butuh kenyamanan untuk dapat di laksanakan dengan baik.





PENUTUPAN
Kami selaku pembuat makalah meminta maaf bila dalam penyusunan makalah ini kurang lengkap atau sulit untuk di mengerti kami mohon maaf karena kami dalam penyusunan makalah dalam proses belajar. Semoga makalah ini dapat bermanfaat



Penyusun makalah
First.                 asti mutiyah
Second.       fatmawati
Third.            miftha ulfianissa
Fourth.         muti revani
Fifth.                 kartika
Sixth.              afriana desi
Seventh.    rafika amalia
Eighth.         sri endah
Ninth.            murti chasanah
Tenth.            indah mawarni
Eleventh. sukmawati praharani
Twelfth.      sri hesti









                                        





MAKALAH PRAMUKA


TIM PENYUSUN
KARTINI X

GUDEP 01.05 186-187 AMBALAN KARTINI-SUDIRMAN
SMA NEGERI 1 KROYA
2012/2013

MAKALAH PRAMUKA


TIM PENYUSUN
KARTINI X

GUDEP 01.05 186-187 AMBALAN KARTINI-SUDIRMAN
SMA NEGERI 1 KROYA
2012/2013


Komentar

Unknown mengatakan…
oke jihan nissa, sukses selalu

Postingan populer dari blog ini

contoh pengamatan ekosistem pantai